RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : XI / satu
POKOK BAHASAN : Statistika dan Peluang
W A K T U : 2 x 45’
STANDAR KOMPETENSI : Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah 
KOMPETENSI DASAR : Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

I .  INDIKATOR

  • Menjelaskan aturan perkalian
  • Menggunakan aturan perkalian dalam pemecahan masalah

II.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Diharapkan siswa dapat :

  • Menjelaskan makna aturan perkalian
  • Menggunakan aturan perkalian dalam pemecahan masalah

III. MATERI PEMBELAJARAN

Aturan Perkalian

IV. ALAT / BAHAN / SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. LKS/Bahan ajar

V.  KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1. Model Pembelajaran                 : Pembelajaran Berdasarkan Masalah

2. Metode                                      : Ceramah ,Tanya jawab , pemberian tugas dan kerja kelompok

3. Pelaksanaan Pembelajaran / Skenario Pembelajaran

KEGIATAN

PENDAHULUAN

 Fase 1

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Memotivasi siswa dengan menceritakan bahwa banyak keadaan sehari-hari yang bisa diselesaikan dengan aturan perkalian. Misal dalam pemilihan kegiatan pengembangan diri yang telah disiapkan sekolah. Berapakah banyak macam pilihan kegiatan jika setiap siswa boleh memilih dua macam kegiatan pengembangan diri yang tersedia di sekolah?

KEGIATAN INTI

Fase 2

Menyampaikan informasi tentang aturan Perkalian, misal memberikan contoh permasalahan pemilihan kegiatan pengembangan diri yang harus dipilih siswa (sesuai dengan LKS 1)

Fase 3

Membimbing siswa mengerjakan LKS 1

Fase 4

Membimbing siswa mempersiapkan presentasi hasil kerja LKS 1

Fase 5

Meminta beberapa siswa untuk  mempresentasikan hasil kerjanya, sedangkan siswa yang lain memberi tanggapan ( Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

Fase 2

Menyampaikan permasalahan pembuatan plat nomor mobil. Berapakah banyak plat nomor mobil yang berbeda yang dapat dibuat jika nomor itu diawali dengan huruf L, diikuti dengan 4 angka berbeda dan tidak boleh diawali angka nol, kemudian diakhiri dengan dua huruf?  (sesuai dengan LKS 2)

Fase 3

Membimbing siswa mengerjakan LKS 2

Fase 4

Membimbing siswa mempersiapkan presentasi hasil kerja LKS 2

Fase 5

Meminta beberapa siswa untuk  mempresentasikan hasil kerjanya, sedangkan siswa yang lain memberi tanggapan ( Guru memandu jalannya diskusi dan merumuskan jawaban yang benar)

PENUTUP

1. Membimbing siswa untuk menuliskan kesimpulan

2. Merefleksi materi yang sudah diperoleh siswa

3. Memberi tugas siswa untuk dikerjakan di rumah

 

VI. PENILAIAN

 

 

  1. Ibu Budi mempunyai sebuah koper dengan kunci kombinasi yang terdiri dari 3 angka. Waktu akan membuka kopernya, ibu Budi lupa nomor kombinasinya, sehingga harus memutar-mutar kunci kombinasi tersebut sampai kopernya terbuka. Jika untuk memutar setiap kombinasi diperlukan waktu 1 detik, berapa waktu terlama agar koper tersebut terbuka?

LKS 1

ATURAN PERKALIAN

 

Sekolahmu menyediakan kegiatan pengembangan diri oleh raga dan kesenian. Macam olahraganya adalah sepakbola, tenis meja, renang dan volli. Macam keseniannya adalah paduan suara, band dan melukis. Ada berapa banyak pilihan bagi Candra untuk memilih satu macam kegiatan olahraga dan satu macam kegiatan kesenian?

  1. Ada berapa banyak macam olahraga yang disediakan oleh sekolah?……………….
  2. Ada  berapa banyak macam kesenian yang disediakan oleh sekolah?……………….
  3. Lengkapi diagram berikut ini.

Sepakbola disingkat S, tenis meja disingkat T, renang disingkat R, volli disingkat V, paduan suara disingkat P, band disingkat B dan melukis disingkat M.

  1. Berapakah banyak pilihan bagi Candra untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri? ………………………..
  2. Nyatakanlah banyaknya pilihan kegiatan pengembangan diri bagi Candra dengan aturan perkalian, perhatikan jawaban soal no. 1 dan 2! ……………………..


LKS 2

ATURAN PERKALIAN

Berapakah banyak plat nomor mobil yang berbeda yang dapat dibuat jika nomor itu diawali dengan huruf L, diikuti dengan 4 angka berbeda dan tidak boleh diawali angka nol, kemudian diakhiri dengan dua huruf?