GURU JUGA DESIGNER

Ketika mendengar judul tersebut apa yang terbayang pada diri anda. Apakah seorang guru harus menjadi seorang yang bisa membuat baju?, tentu jawabannya adalah tidak. Designer yang dimaksud adalah seorang guru harus memiliki kemampuan untuk dapat membuat inovasi pembelajaran. Guru harus bisa mendesain pembelajaran yang akan diberikan sehingga output yang didapatkan akan sesuai dengan kurikulum. Guru harus bisa membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kharakteristik peserta didik. Desain guru tidak akan sama satu dengan lainnya karena guru memiliki peserta didik yang  berbeda.

Kemampuan dalam membuat desain perlu terus diasah. sekarang, banyak penelitian tentang desain, baik itu desain produk/perangkat maupun mendesain proses (pola pikir siswa). Kedua kemampuan itu menjadikan bahan kajian penelitian yang menarik bahkan di tingkat Internasional.

Para desainer seluruh dunia akan berkumpul di Utrecht dalam waktu dekat ini. Mereka akan mendiskusikan banyak hal dan merumuskan langkah-langkah terbaru tentang design research.

untuk informasi rujukan silahkan lihat di web designer

Moch. Lutfianto