Gaji Besar VS Produktivitas Kerja bagi Guru

Runtuhnya suatu negara dapat dilihat dari besarnya peran pendidikan dalam mengemban cita-cita negara. Jika pendidikan tidak dapat menerjemahkan cita-cita negara maka bisa dipastikan negara tersebut akan hancur. Sedangkan runtuhnya pendidikan suatu negara berada di tangan para pendidik. Dengan kata lain pendidik memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan suatu negara. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan tertinggi di dunia memiliki kualifikasi pendidik yang tinggi. Pendidik harus setingkat Master (S-2) dan memiliki nilai akademik yang menonjol. Jika kita bandingkan dengan pendidik di Indonesia tentu masih banyak sekali tertinggal. oleh karena itu peran pemerintah sangatlah penting dalam meningkatkan kapasitas seorang pendidik baik dari segi kesejahteraan maupun pedagogik.

Jika dilihat dari kesejahteraan dalam hal ini adalah gaji maka profesi pendidik sekarang menjadi primadona. Banyak anak lulusan SMA yang ingin menjadi pendidik. Dulu mungkin profesi pendidik tidak memiliki prestige, tetapi sekarang akan terkesan aneh jika pada SNMPTN atau jalur penerimaan mahasiswa baru masih menyisahkan kursi untuk menjadi pendidik. Persaingan menjadi sangat ketat, pendaftar bisa mencapai ribuan tetapi kuota cuma puluhan. Semakin keras seleksi yang dilakukan akan menghasilkan mahasiswa yang memiliki kualitas tinggi. Dengan kata lain calon-calon pendidik akan memiliki kualitas yang cukup untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Faktanya, apakah pendidikan kita sudah meningkat kualitasnya?…kita mungkin sepakat untuk mengatakan belum….

Gaji besar merupakan incaran semua orang. Hal itulah yang menjadikan profesi pendidik banyak yang  mencari. Sertifikasi, gaji ke 13, tunjangan-tunjangan, dll, menjadi imbalan atas prestasi yang dikerjakan oleh pendidik. Pertanyaan besarnya adalah, apakah dengan gaji besar produktivitas pendidik akan semakin meningkat? atau gaji besar tidak berbanding lurus dengan produktivitas? Berikut adalah sebuah kajian yang dilakukan oleh OECD dengan membandingkan gaji yang diterima oleh pendidik di beberapa negara dan produktivitas kerja yang dilakukan.