calon guru PTN VS calon guru PTS

Lowongan pekerjaan untuk guru tertulis, “Pelamar dari PTN memiliki IPK > 2,75 sedangkan dari PTS IPK > 3,00”. Setiap lamaran pekerjaan mayoritas mensyaratkan nilai yang lebih tinggi untuk lulusan PTS dibandingkan dengan PTN. Kenapa harus demikian? Dosen saya juga pernah berkata bahwa yang menjadikan pendidikan kita lambat dalam berkembang dikarenakan lulusan guru dari PTS lebih banyak dari PTN. Dengan kata lain menyumbang terbesar lambatnya kemajuan pendidikan di Indonesia lebih dikarenakan dari PTS. benarkah demikian???

Jika dilihat dari kualitas input mahasiswa memang pasti berbeda. PTN dengan mudah mendapatkan mahasiswa yang lebih unggul dikarenakan terdapat proses seleksi yang dilakukan. PTN tanpa berkoar-koar untuk mendapatkan mahasiswa pasti kuota akan terpenuhi. Sedangkan PTS bisa dikatakan sisa dari mahasiswa yang tidak diterima di PTN. Sangat jarang ditemui mahasiswa yang memilih pilihan utama PTS daripada PTN. Jika demikian layakkah dibedakan…????

Jika dilihat dari fasilitas, tentu sebagian besar PTN memiliki fasilitas yang unggul. PTN dengan dana dari negara dapat membangun fasilitas yang memadai tanpa mengambil dana dari mahasiswa sedangkan PTS, mereka harus memeras otak agar dapat memiliki fasilitas yang baik dengan tanpa mengabaikan keuangan mahasiswa. dengan kata lain PTS harus lebih kreatif dalam menemukan solusi memiliki fasilitas yang mempertimbangkan penerimaan mahasiswanya. Jika demikian layakkah dibedakan…???

Jika dilihat dari dosen pengajar, PTN mendapatkan pengajar-pengajar yang bagus. Mereka mendapatkan pengajar yang berkualitas dari seleksi masuk PNS dosen. Dari ratusan bahkan ribuan yang melamar hanya diambil sebagian. Tanpa memberikan tambahan kemampuanpun mereka sudah dapat diandalkan untuk memberikan sumbangsih pengajaran yang baik kepada mahasiswa. Jika demikian, layakkah dibedakan…???