SISWA

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

Nama Sekolah              : SMA …..

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : X

Semester                      : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1   Menggunakan aturan pangkat,akar,dan logaritma

 

  • Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
  • Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
  • Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar
  • Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
  • Merasionalkan bentuk akar
  • Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
  • Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.
  • Menentukan syarat perpangkatan, penarikan akar dan logaritma

 

 
1.2   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat,akar,dan logaritma

 

  • Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
  • Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang bentuk bentuk pangkat, akar, dan logaritma
 

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1    Memahami konsep fungsi

 

  • Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi
  • Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi

 

 
2.2    Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
  • Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.
  • Menggambar grafik fungsi kuadrat
  • Menentukan definit positif dan definit negatif
  • Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana
 
2.3    Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

 

  • Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
  • Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

 

 
  • Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
 
  • Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat

 

 
2.4    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
  • Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
  • Menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat
 
2.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat2.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
  • Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
  • Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
  • Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
 

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1    Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel. 
  • Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

 

 
  • Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel

 

 
  • Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel

 

   
3.2    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear3.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
  • Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
  • Membuat model matematika yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
  • Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear
  • Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier

 

 
3.4    Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
  • Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
  • Menentukan penyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar

 

 
3.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel3.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

 

  • Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel
  • Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel
  • Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar
  • Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah              : SMA ……

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : X

Semester                      : 2

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

4.1   Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor 
  • Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor
  • Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor
  • Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk
  • Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk
 
4.2   Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan 
  • Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
  • Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
  • Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
   
4.3   Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
  • Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika
  • Menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan

 

   

 

 

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

5.  Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Kompenen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

5.1   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
  • Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

 

  • Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.
  • Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran
5.2   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri 
  • Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.
  • .Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.
  • Membuktikan identitas trigonometri sederhana.
  • Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan sinus dan aturan kosinus.
  • Menghitung luas segitiga yang komponennya diketahui.

 

5.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya

 

  • Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
  • Membuat model matematika yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
  • Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
  • Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri


STANDAR KOMPETENSI:

6.  Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

6.1   Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga

 

  • Menentukan kedudukan titik dan garis dalam ruang
  • Menentukan kedudukan titik dan bidang dalam ruang
  • Menentukan kedudukan antara dua garis dalam ruang
  • Menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang
  • Menentukan kedudukan antara dua bidang dalam ruang

 

6.2   Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
  • Menentukan jarak titik dan garis dalam ruang
  • Menentukan jarak titik dan bidang dalam ruang
  • Menentukan jarak antara dua garis dalam ruang *)
 
6.3   Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga

 

  • Menentukan besar sudut antara dua garis dalam ruang
  • Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang
    • Menentukan besar sudut antara dua bidang dalam ruang
 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / IPA

Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Kompenen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
  • Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
1.2   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya

 

  • Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
  • Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

 

1.3   Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menentukan rataan, median, dan modus.
  • Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.
1.4   Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

 

  • Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
  • Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

 

1.5   Menentukan ruang sampel suatu percobaan

 

  • Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
  • Menuliskaaan himpunan kejadian dari suatu percobaan
1.6   Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

 

  • Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
  • Menentukan peluang suatu kejadian secara teorotis

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1   Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.

 

  • Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.
  • Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.

 

2.2   Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus

 

  • Menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus.
  • Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
  • Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.
  • Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan kosinus dua sudut
  • Merancang dan membuktikan identitas trigonometri
  • Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut

 

2.3   Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus   

STANDAR KOMPETENSI:

3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1   Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan

 

  • Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b).
  • Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui.
  • Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

 

3.2   Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi

 

  • Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sisfat-sifatnya
  • Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran.
  • Merumuskan  persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / IPA

Semester                      : 2

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.

 

  • Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak.
  • Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
  • Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat.
4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah

 

  • Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.
  • Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor.
  • Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor.

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

5  Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

5.1   Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi

 

  • Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
  • Menentukan fungsi komposisi  dari beberapa fungsi.
  • Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.
  • Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.

 

5.2   Menentukan invers suatu fungsi

 

  • Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.
  • Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi  asalnya
  • Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.
  • mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

6.1.  Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.

 

  • Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
  • Menjelaskan arti limit fungsi di  tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.

 

6.2.  Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

 

  • Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik.
  • Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.
  • Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.
  • Menghitung limit fungsi  aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit

 

6.3.  Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah

 

  • § Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama
  • § Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan
  • § Menentukan titik ekstrim grafik fungsi
  • § Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi

 

6.4.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi

 

  • § Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaiakn dengan konsep ekstrim fungsi
  • § Merumuskan model matematikan  dari masalah ekstrim fungsi

 

6.5.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

 

  • Menyelesaiakn model matematika dari masalah ekstrim fungsi
  • Menafsirkan solusi dari maslah  nilai ekstrim

 

 

 

 

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPA

Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:

1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1    Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu

 

  • Mengenal arti Integral tak tentu
  • Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan
  • Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
  • Mengenal arti integral tentu
  • Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral
  • Menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu
1.2    Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana

 

  • Menetukan integral dengan dengan cara substitusi
  • Menetukan integral dengan dengan cara parsial
  • Menetukan integral dengan dengan cara substitusi trigonometri
1.3    Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar

 

  • Menghitung luas suatu daerah ang dibatasi oelh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
  • Menghitung volume benda putar.

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

2. Menyelesaikan masalah program linear.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1     Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

 

  • Mengenal arti sistem pertidaksamaan linier dua variable
  • Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2     Merancang model matematika dari masalah program linear

 

  • Mengenal masalah  yang merupakan program linier
  • Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier
  • Menggambar daerah fisibel dari program linier
  • Merumuskan model matematika dari masalah program linier

 

2.3     Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

 

  • Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif
  • Menafsirkan solusi dari masalah program linier

STANDAR KOMPETENSI:

 

3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain 
  • Mengenal  matrik persegi
  • Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
  • Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
  • Mengenal invers matriks persegi

 

3.2.  Menentukan determinan dan invers matriks     2 x 2

 

  • Menentukan diterminan matriks 2×2
  • Menentukan invers dari matrks 2×2

 

3.3.  Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

 

  • Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
  • Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel  dengan matriks invers
3.4.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah

 

  • Menjelaskan vektor sebagai besaran yang memilki besar dan arah
  • Mengenal vektor satuan
  • Menentukan operasi aljabar vektor : jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, dan lawan suatu vektor
  • Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan geometri
  • Menggunakan rumus perbandingan vektor
3.5.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah.

 

  • Menentukan hasilkali skalar dua vektor di bidang dan ruang
  • Menjelaskan sifat-sifat perkalian skalar dua vektor

 

3.6.  Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah

 

  • Melakukan operasi berbagai jenis transformasi: translasi refleksi, dilatasi, dan rotasi.
  • Menentukan persamaan matriks dari transformasi  pada bidang.

 

3.7.  Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya

 

  • Menentukan aturan transformasi dari komposisi beberapa transformasi
  • Menentukan persamaan matriks dari komposisi transformasi  pada bidang.

 

 

 

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPA

Semester                      : 2

STANDAR KOMPETENSI:

4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukun

4.1.  Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

 

  • Menjelaskan arti barisan dan deret
  • Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
  • Menemukan rumus barisan dan deret geometri
  • Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.

 

4.2.  Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian

 

  • Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
  • Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian.

 

4.3.  Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret

 

  • Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret.
  • Merumuskan model matematika dari masalah deret

 

4.4.  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya

 

  • Menentukan penyelesaiakan  model matematika yang berkaitan dengan deret
  • Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh

 

STANDAR KOMPETENSI:

5. Menggunakan aturan yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

5.1.  Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.

 

  • Menghitung nilai fungsi eksponen dan logaritma
  • Menentukan sifat-sifat fungsi eksponen dan logaritma
  • Menyelesiakan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksoponen dan logaritma.
5.2.  Menggambar grafik fungsi eksponen dan logaritma.

 

  • Menentukan nilai fungsi eksponen dan logaritma un tuk menggambar grafik
  • Menemukan sifat-sifat grafk fungsi eksponen dan logaritma

 

5.3.  Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen atau logaritma dalam penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma sederhana

 

  • Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen dan syaratnya
  • Menentukan penyelesaian pertidaksamaan logaritma dan syaratnya

 

 

 

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / IPS

Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:

  1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1    Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

 

 

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, dan diagram batang.
  • Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram

 

1.2    Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya

 

  • Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
  • Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

 

1.3    Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menentukan rataan, median, dan modus.
  • Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.
1.4    Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

 

  • Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
  • Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

 

1.5    Menentukan ruang sampel suatu percobaan

 

  • Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
  • Menuliskaaan himpunan kejadian dari suatu perconaan

 

1.6    Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

 

  • Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
  • Menentukan peluang suatu kejadian secara teorotis

 

 


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / IPS

Semester                      : 2

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1   Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi

 

  • Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
  • Menentukan fungsi komposisi  dari beberapa fungsi.
  • Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.
  • Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.

 

2.2   Menentukan invers suatu fungsi

 

  • Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.
  • Menggambar kan grafik fungsi invers dari grafik fungsi  asalnya
  • mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.
  • Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.

 

STANDAR KOMPETENSI:

3. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1   Menghitung limit fungsi aljabar sederhana di suatu titik

 

  • Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
  • Menjelaskan arti limit fungsi di  tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.

 

3.2   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar

 

  • Menghitung limit fungsi aljabar di satu titik.
  • Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.
  • Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.
  • Menghitung limit fungsi  aljabar dengan menggunakan sifat-sifat limit

 

3.3   Menggunakan sifat dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi aljabar

 

  • Menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan.
  • Menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik
  • Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan
  • Menentukan sisfat-sifat turunan fungsi
  • Menentukan turunan fungsi aljabar dengan menggunakan sifat-sifat turunan
3.4   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi aljabar dan memecahkan masalah

 

  • § Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama
  • § Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan
  • § Menentukan titik ekstrim grafik fungsi
  • § Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi

 

3.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar

 

  • § Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaiakn dengan konsep ekstrim fungsi
  • § Merumuskan model matematikan  dari masalah ekstrim fungsi

 

3.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi aljabar dan penafsirannya.

 

  • Menyelesaiakn model matematika dari masalah ekstrim fungsi
  • Menafsirkan solusi dari maslah  nilai ekstrim

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPS

Semester                      : 1

STANDAR KOMPETENSI:

1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah sederhana.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1    Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu

 

  • Merancang aturan integral tak tentu dari aturan turunan.

 

1.2   Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar sederhana

 

  • Menjelaskan integral tentu sebagai luas daerah di bidang datar.
  • Menghitung integral tak tentu dari fungsi aljabar.

 

1.3   Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva

 

  • Menghitung integral  tentu dari fungsi aljabar
  • Menghitung integral tentu dari fungsi aljabar
  • Merumuskan integral tentu untuk luas suatu daerah dan menghitungnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

2. Menyelesaikan masalah program linear

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1  Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

 

  • Mengenal arti sistem pertidaksamaan linier dua variable
  • Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
2.2  Merancang model matematika dari masalah program linear

 

  • Mengenal masalah  yang merupakan program linier
  • Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier
  • Menggambar daerah fisibel dari program linier
  • Merumuskan model matematika dari masalah program linier

 

2.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya

 

  • Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif
  • Menafsirkan solusi dari masalah program linier

STANDAR KOMPETENSI:

3. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain

 

  • Mengenal  matrik persegi
  • Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
  • Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
  • Mengenal invers matriks persegi

 

3.2.  Menentukan determinan dan invers matriks   2 x 2

 

  • Menentukan diterminan matriks 2×2
  • Menentukan invers dari matrks 2×2

 

3.3.  Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

 

  • Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
  • Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel  dengan matriks invers

SILABUS

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / IPS

Semester                      : 2

 

STANDAR KOMPETENSI:

4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

4.1 Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

 

  • Menjelaskan arti barisan dan deret
  • Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
  • Menemukan rumus barisan dan deret geometri
  • Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.

 

4.2 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret

 

  • Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret.
  • Merumuskan model matematika dari masalah deret

 

4.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

 

  • Menentukan penyelesaiakan  model matematika yang berkaitan dengan deret
  • Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / BAHASA

Semester                      : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

1. Melakukan pengolahan, penyajian dan penafsiran data.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, dan diagram batang.
  • Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
1.2   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta pemaknaannya

 

  • Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
  • Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

 

 
1.3   Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya

 

  • Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
  • Menentukan rataan, median, dan modus.
  • Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XI / BAHASA

Semester                      : 2

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

2.  Menggunakan kaidah pencacahan untuk menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1 Menggunakan sifat dan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

 

  • Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
  • Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

 

2.2   Menentukan ruang sampel suatu percobaan

 

  • Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
  • Menuliskaaan himpunan kejadian dari suatu percobaan
2.3   Menentukan peluang suatu kejadian dan menafsirkannya

 

  • Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
  • Menentukan peluang suatu kejadian secara teorotis

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII/ BAHASA

Semester                      : 1

 

STANDAR KOMPETENSI:

1. Menyelesaikan masalah program linear

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

1.1.  Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel

 

  • Mengenal arti sistem pertidaksamaan linier dua variable
  • Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
1.2.  Merancang model matematika dari  masalah program linear

 

  • Mengenal masalah  yang merupakan program linier
  • Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier
  • Menggambar daerah fisibel dari program linier
  • Merumuskan model matematika dari masalah program linier

 

1.3.  Menyelesaikan model matematika dari  masalah program linear dan menafsirkan solusinya 
  • Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif
  • Menafsirkan solusi dari masalah program linier

STANDAR KOMPETENSI:

2. Menggunakan matriks dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

2.1.  Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain

 

  • Mengenal  matrik persegi
  • Melakukan operasi aljabar atas dua matriks
  • Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh
  • Mengenal invers matriks persegi

 

2.2.  Menentukan determinan dan invers matriks    2 x 2

 

  • Menentukan diterminan matriks 2×2
  • Menentukan invers dari matrks 2×2

 

2.3.  Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
  • Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier
  • Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel  dengan matriks invers

 

 

 

 

 

 

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

 

 

Nama Sekolah              : SMA …

Mata Pelajaran             : MATEMATIKA

Kelas/Program             : XII / BAHASA

Semester                      : 2

 

 

STANDAR KOMPETENSI:

3  Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

Komponen

Jumlah

Kompleksitas

Intake Siswa

Sarana Pendukung

3.1.  Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri

 

  • Menjelaskan arti barisan dan deret
  • Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
  • Menemukan rumus barisan dan deret geometri
  • Mengehitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri.

 

3.2.  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

 

  • Menentukan penyelesaiakan  model matematika yang berkaitan dengan deret
  • Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s